Urutan Struktur Teks Eksplanasi Yang Tepat Adalah

Teks penjelasan Ini memiliki seperangkat struktur teks khusus. Urutan struktur teks eksplanasi yang benar sesuai dengan kaidah ejaan. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan di bawah ini sebagai panduan membuat teks deskriptif.


Urutan struktur teks deskriptif yang benar sesuai kaidah

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menjumpai berbagai jenis teks dengan struktur yang berbeda-beda. Salah satu jenis teks yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah teks eksplanasi. Apa itu teks deskriptif?

memahami teks Deskripsi sesuai buku berjudul CCM SMA dan MA Cara Cepat Kuasai Bahasa Indonesia SBMPTN SMA Rangkuman Bahasa Indonesia yang ditulis oleh Tomi Rianto (2019:97) merupakan teks yang memuat tentang mengapa dan bagaimana terjadinya peristiwa alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan lainnya.

Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa teks ekspositori memiliki beberapa ciri yang membedakan teks ekspositori dengan jenis teks lainnya. Ciri-ciri teks deskriptif adalah:
  • Menyajikan atau menjelaskan informasi tentang mengapa dan bagaimana suatu fenomena terjadi
  • Fenomena ini dapat berupa fenomena alam maupun sosial
  • Berisi penjelasan ilmiah dan sistematis
  • Ini menjelaskan urutan peristiwa bagaimana suatu fenomena terjadi.
Selain diketahui ciri-cirinya, teks eksplanasi juga bisa berbeda-beda sesuai dengan struktur yang menyusun teks eksplanasi tersebut, seperti dikutip dari buku berjudul.Modul Bahasa Indonesia Kelas V BPSC SD/MI: Buku Pendamping Siswa Cerdas Modul Bahasa Indonesia + Kunci Jawaban disusun oleh Agus Sasono(2021:37) teks ekspositori ini memiliki tiga struktur yang membangunnya menjadi satu kesatuan yang utuh.

bangunan berikutnya teks penjelasan:

Gambaran umum

Merupakan bagian pembuka yang berisi penjelasan umum mengenai topik atau fenomena atau topik yang akan dibahas.

Urutan sebab akibat

Ini berisi penjelasan lebih rinci tentang topik tersebut. Paragraf ini menjelaskan pengertian dan rincian penyebab dan akibat bencana alam.

Terjemahan

Merupakan bagian penutup teks eksplanasi yang memuat hasil mengenai pokok bahasan yang dijelaskan.

Jenis teks bahasa Indonesia dapat kita temukan dari deretan struktur teks deskriptif beserta ciri-cirinya. Semoga membantu.

Posting Komentar untuk "Urutan Struktur Teks Eksplanasi Yang Tepat Adalah"