Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian

Jelaskan 5 upaya penggunaan laut dalam meningkatkan perekonomian masyarakat! Laut merupakan biota alami yang diketahui memberikan banyak manfaat. Ada berbagai sumber daya yang tersimpan di laut. Contohnya seperti ikan dan masih banyak lagi.

Banyaknya sumber daya yang tersimpan di laut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat secara umum. Terutama bagi mereka yang tinggal di pesisir pantai.


Uraian 5 Upaya Pemanfaatan Laut untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Kutipan dari buku berjudul Pembangunan Ekonomi Masyarakat Desa Mandiri, Dr. Rukin, S.Pd., M.Si (2019:155), pemanfaatan laut dapat dilakukan sebagai berikut: sumber daya alam ikan di laut dll. menyukai.

Tak hanya itu, laut juga bisa dimanfaatkan dengan membuka wisata bahari. Jelaskan 5 upaya pemanfaatan laut untuk meningkatkan perekonomian rakyat! Di bawah ini penjelasan lengkapnya.

1. Pengembangan Wisata Pesisir

Pemandangan laut yang indah dapat dimanfaatkan dengan mengelola wisata bahari. Misalnya saja menjalankan usaha di pinggir pantai untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

2. Pengembangan Wisata Bawah Laut

Selain keindahan pantainya, keindahan bawah laut juga dapat dimanfaatkan untuk menggairahkan perekonomian masyarakat. Pasalnya wisata bawah laut banyak menarik perhatian wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk menjaga laut.

3. Budidaya Makanan Laut

Upaya ini dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Ada banyak jenis makanan laut yang bisa dimanfaatkan dan ditanam. Misalnya saja berbagai jenis ikan, kerang, lobster, dan rumput laut.

4. Meningkatkan teknik penangkapan ikan

Penangkapan ikan seringkali dapat mengancam ekosistem laut. Oleh karena itu, perlu dikembangkan metode penangkapan ikan yang aman dan tidak membahayakan ekosistem laut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menegakkan aturan dan larangan penggunaan bahan berbahaya, seperti pukat-hela (trawl) udang yang digunakan untuk menangkap ikan.

Selain itu juga dapat diberikan pelatihan mengenai cara menangkap ikan yang baik dan menghasilkan ikan yang banyak.

5. Perkembangan Industri Garam Laut

Garam merupakan salah satu hasil laut yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan industri dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Garam juga mempunyai potensi yang paling besar untuk dimanfaatkan dalam mengembangkan perekonomian masyarakat, mengingat luas laut Indonesia yang cukup luas.

Demikian pembahasan tulisan tentang upaya pemanfaatan laut untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. Dengan ulasan ini, siswa dapat mempelajari pemanfaatan laut dengan lebih baik.

Posting Komentar untuk "Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian"