Sebutkan Batas Wilayah Asean Berdasarkan Letak Geografisnya

ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) pada masa lalu sering digunakan sebagai jalur perdagangan. Pasalnya, letak geografisnya sangat unik dan menguntungkan. Tentukan batas wilayah ASEAN menurut letak geografisnya!

Letak geografis mengacu pada posisi suatu wilayah dalam kaitannya dengan posisi dan bentuknya di permukaan bumi. Lokasi geografis biasanya terbatas pada fitur geografis seperti benua, laut, gunung, samudera, dan gurun.


Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografis

Kutipan dari buku Geografi dan Sosiologi Dr. Sugiharyanto, M.Si (2007:62), setiap negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai posisi pada titik persimpangan.

Namun setiap negara mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, baik kondisi alam maupun sosialnya.

Berdasarkan lokasi geografis Meskipun negara-negara di kawasan Asia Tenggara secara umum mempunyai kondisi geografis yang hampir sama, namun mempunyai perbedaan. Tentukan batas wilayah ASEAN menurut letak geografisnya! Simak jawaban lengkapnya pada ulasan di bawah ini.
  1. Perbatasan Utara adalah Republik Rakyat Tiongkok dan Laut Cina Selatan
  2. Perbatasan Selatannya adalah Samudera Hindia, Australia dan Timor Timur
  3. Perbatasan Timurnya adalah Samudera Pasifik dan Papua Nugini
  4. Batas Baratnya adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia
  5. Kondisi Lanskap
bintang Untuk mengetahui Asia Tenggara hampir identik satu sama lain. Kawasan Asia Tenggara merupakan titik pertemuan kelompok utama pegunungan lipatan muda Lingkar Pasifik dan Lingkar Mediterania. Tempat bertemunya kedua lipatan tersebut berada di perairan Maluku sekitar Kepulauan Banggai, sebelah barat palung Laut Banda.

Kombinasi pegunungan terlipat yang selalu bergerak menyebabkan wilayah ini sering mengalami gempa tektonik. Akibat pergerakan tersebut, terbentuklah gunung-gunung berapi yang masih aktif, khususnya di Indonesia dan Filipina.

Pegunungan terdiri dari dua busur; busur dalam yang bersifat vulkanik, dan busur luar yang bersifat non-vulkanik. Bukti adanya deep arc ditandai dengan banyaknya gunung berapi yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Solor, Alor, dan Kepulauan Maluku.

Sementara itu, pegunungan di Semenanjung Malaya, Pegunungan Arokan Yoma di Myanmar, Pegunungan Dawna di Thailand, dan Pegunungan Annamite di Semenanjung Indochina menunjukkan bukti adanya busur eksternal non-vulkanik.

Sementara itu, dataran di Asia Tenggara terkenal dengan aliran sungai besar dan panjang, serta delta.

Sungai-sungai yang terkenal di kawasan ini antara lain sungai Mekong di Semenanjung Indochina, sungai Irrawaddy dan sungai Salween di Myanmar, sungai Menan di Thailand, serta sungai-sungai besar seperti Kapuas, Barito, Musi, Bengawan Solo dan Bengawan Solo di Indonesia. . yang lain.

Demikian gambaran batas wilayah ASEAN menurut letak geografisnya. Kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan pertanian penghasil pangan dengan ribuan sungai.

Posting Komentar untuk "Sebutkan Batas Wilayah Asean Berdasarkan Letak Geografisnya"