Mad Jaiz Munfasil Contoh

Salah satu hukum penting dalam ilmu tajwid adalah hukum kegilaan. Hukum gila itu bermacam-macam, salah satunya adalah gila jaiz munfashil. Di dalam Al Quran Banyak contoh Mad Jaiz Munfashil yang bisa kita temukan.

Bagi umat Islam, membaca Al-Quran tanpa mempelajari cara membacanya dengan benar tidaklah lengkap. Oleh karena itu, umat Islam harus mau mempelajari ilmu tajwid agar dapat membedakan hukum materiil jaiz munfashil dengan hukum tajwid lainnya.

Pengertian Mad Jaiz Munfashil

Sebelum menelaah pengertian mad jaiz munfashil, mari kita cari tahu apa itu hukum “gila” dalam ilmu pengetahuan. tajwid.

Menurut bahasanya, “gila” artinya memanjangkan, melipatgandakan. "Gila" dalam istilahnya berarti memanjangkan bunyi dengan salah satu huruf dari huruf gila. Huruf gila yang dimaksud antara lain huruf alif (ا), vau (و) dan ya' (ي).

Sedangkan menurut buku Metode Belajar Membaca dan Menulis Al Quran, dr. Mursal Aziz, M.Pd.I dan Zülkipli Nasution, MA, (2020:62), gila wajib munfashil adalah orang gila asli yang tidak menemui huruf hamzah dalam satu kata (kata).

Pemahaman ini menunjuk pada arti kata “munfeşil” yang artinya terpisah. Khusus bagi yang belum paham bahasa Arab, cara mengenali hukum munfashil mubah gila ini bisa dilihat dari cara penulisannya.

Dalam bentuk tunggal deli ceyz, huruf hamzah ditulis elif + hamzah. Ciri lainnya adalah pergerakannya yang berupa garis lengkung tipis.

Contoh Mad Jaiz Munfashil dalam Al Quran

Seperti yang kami sebutkan di awal, "gila" berarti memperluas. Oleh karena itu cara membaca Deli Jaiz Munfaşil adalah dengan memanjangkan huruf.

Ada tiga jenis panjang bacaan Mad Jaiz Munfasil:

1 alif atau 2 rakaat sambil membaca puasa.

2 alif atau 4 rakaat sambil membaca secukupnya.

2 1/2 elif atau 5 tindakan sambil membaca perlahan.

Ini beberapa contoh Mad jaiz munfashil ditemukan dalam Al-Qur'an.

1. Q.S. Kafir Ayat 2

Sampai Hamba dari apa yang kamu sembah

ya saya akan arazi ta'buduun

Untuk mengatakanitu dan berkatadan saya akan adalah dua kata yang berbeda. Terdapat gerakan berupa garis melengkung tipis di atas huruf Lam alif.

2. Q.S. Ayat Kafir 3

VeBukan aku Menyembah apa yang kamu sembah

berhubungan dengan laa ana 'aabidum maa' batal

Ayat ini juga merupakan contoh deli ceiz munfeshil yang ditandai dengan garis melengkung tipis di atas huruf lam alif (لا).

Download Aplikasi Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/.

3. Q.S. Ayat Quraisy 4

memberi makan mereka Dari kelaparan dan ketakutan akan keamanan

Alladzii aṭ'amahum min juu'iw wa aamanahum min khauuf

Dalam ayat ini, kata alladzii dan es'amahum merupakan dua kata yang berbeda dan ditandai dengan huruf أَ.

4. Q.S. Kawthar Ayat 1

kami berikan padamu Al-Kawthar

innaa a'thainaakal-kautsar

Ayat ini juga merupakan contoh deli ceiz munfeshil yang ditandai dengan adanya garis lengkung tipis di atas huruf nun (ن) dan adanya huruf أَ pada kata berikutnya.

5. Q.S. Surat Al-Fajr Ayat 28

Mengembalikan Tuhanmu ridha dan ridha

irji'ii'ye hahaha raadhiyatam mardhiyyah

Untuk mengatakanirji'ii dan berkatasampaiadalah dua kata yang berbeda. Selain itu, huruf ع juga mempunyai garis melengkung. Dengan kata lain, dalam ayat ini terdapat hukum gila, boleh, munfashil.

Demikianlah cara membaca Deli Jaiz Munfashil beserta penjelasan dan contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu umat islam yang belajar membaca Al Quran dengan benar.

Posting Komentar untuk "Mad Jaiz Munfasil Contoh"